Monday, March 26, 2007

Terjadinya El-Nino

Lebih hangat daripada biasanya, jutaan ikan mati. Itulah peristiwa El-Nino­­—ungkapan orang Spanyol untuk “Kanak-kanak Yesus”—peristiwa itu sering terjadi di sekitar hari Natal.

Sebab terjadinya El-Nino adalah suatu perubahan pada pola musim di atas Pasifik. Seperti sebuah bak air raksasa, Pasifik berisi air dingin dibawahnya dan air hangat yang berbolak-balik di atasnya. Selama tahun-tahun biasa, angin pasat timur—dari timur ke barat—dengan kuat mendorong air hangat menjauh dari pantai Amerika Selatan. Ini menyebabkan air yang lebih dingin dan kaya zat hara naik membawa banyak makanan bagi banyak ikan. Setiap beberapa tahun, pantai barat Amerika Selatan dilanda hujan lebat dan banjir. Di lepas pantai yang airnya lebih dingin, akan menyebabkan air yang lebih dingin dan kaya zat hara naik membawa banyak makanan bagi banyak ikan।

Sebaliknya, dalam tahun El-Nino angina pasat tiba-tiba melambat, sehingga angina dari barat mendorong air permukaan yang hangat ke timur. Sepanjang pantai Amerika Selatan, air hangat itu mematika ikan serta makhluk yang memakannya sehingga hilanglah harapan industri perikanan setempat untuk memperoleh hasil tangkapan.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home